PROPOSAL
PENDIRIAN USAHA BENGKEL BODY KENDARAAN
Kita-kita auto
body and paint
Di
susun oleh
NURIANDA
PUTRA PERDANA
KATA
PENGANTAR.
Segala puji bagi
ALLAH SWT yang telah memberikan berbagai kenikmatan, rahmat, dan hidayah-Nya,
sehingga saya dapat menyelesaikan penyusunan proposal ini.
Dalam penulisan
proposal ini saya menyampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada
pihak-pihak yang bergabung dan membantu saya dalam mendirikan perusahaan ini.
Dalam penulisan
proposal ini, saya menyadari masih banyak terdapat kekurangan, oleh karena itu
kritik dan saran yang membangun untuk kesempurnaan proposal ini sangat kami
harapkan sebagai pedoman kami dalam melangkah ke arah yang lebih baik lagi.
Semoga usaha yang kita bangun bersama ini akan menjadi perusahaan yang berguna
dan bermanfaat terhadap semua kalangan.
Pekalongan,
17 Maret 2017
Pendiri usaha
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR
ISI
PENDAHULUAN
Ø Nama dan Alamat Bengkel
Ø Motif Pemilihan Usaha
Ø Tujuan
RANGKUMAN
EKSEKUTIF
Ø Latar Belakang
Ø Visi dan Misi
Ø Lokasi
Ø Ruangan / Tempat yang Dibutuhkan
Ø Waktu Operasional
Ø Kesan / Counter Style
Ø Konsep Promosi
Ø Target Pelanggan
ANALISIS
USAHA
Ø Prespektif Masa Depan Usaha
Ø Analisis Persaingan
Ø Segmentasi Pasar yang akan di masuki
DISKRIPSI
USAHA
Ø Bidang Usaha dan Jenis Usaha
Ø Keunggulan Produk
RENCANA
USAHA
Ø Sumber-sumber Produk / Bahan
Ø Standarisasi bengkel
RENCANA
PEMASARAN
Ø Penetapan Harga
Ø Strategi Promosi yang Akan Dilakukan
PERENCANAAN
ORGANISASI
Ø Struktur Organisasi
Ø Job Description
RISIKO
Ø Evaluasi Tentang Kelemahan Usaha (Analisis SWOT)
Ø Gambaran tentang Masa Kini
PERENCANAAN
PEMODALAN
Ø Sumber-sumber Pemodalan
Ø Neraca Permulaan Perusahaan
Ø Proyeksi Aliran Kas
Ø Perencanaan Laba Rugi
LAMPIRAN
LAMPIRAN
Ø Biodata Pemilik
PENDAHULUAN.
Ø Nama dan Alamat Bengkel
Nama Bengkel : KITA-KITA Auto body and paint.
Lokasi :
Ø Motif Pemilihan Usaha
1.
Setiap kendaraan memerlukan
perawatan, salah satunya perawatan bodi kendaraan .
2.
Menciptakan lapangan pekerjaan
bagi orang lain.
3.
Otomotif merupakan hobi kami.
Ø Tujuan
Tujuan pendirian bengkel ini
adalah :
1.
Memanfaatkan peluang usaha dalam
perawatan bodi kendaraan karena pesatnya penjualan mobil dalam setiap tahunnya.
2.
Memberikan pelayanan masyarakat
dalam bidang perbaikan bodi kendaraan.
3.
Memberikan education kepada orang
yang berminat belajar dalam dunia otomotif untuk menciptakan mekanik perbaikan
bodi yang handal.
4.
Bersinergi dengan investor untuk
mendapatkan keuntungan.
RANGKUMAN
EKSEKUTIF.
Ø Latar Belakang
Industri kendaraan
bermotor merupakan salah satu industri yang sangat pesat perkembangannya di
dunia termasuk Indonesia. Ini disebabkan kebutuhan manusia akan kendaraan
sangat penting artinya terhadap kegiatan masyarakat secara langsung. Permintaan
kebutuhan kendaraan bermotor akan terus meningkat seiring dengan peningkatan
kesejahteraan masyarakat di wilayah pemasaran kendaraan tersebut. Wilayah
indonesia memiliki daratan yang luas, tentu akan membutuhkan kendaraan sebagai
sarana transportasi, apalagi dengan semakin banyaknya jalur transportasi yang
baru dibuka untuk menghubungkan suatu wilayah dengan wilayah lainnya.
Jumlah kendaraan
bermotor, baik itu roda dua dan roda empat di Pekalongan terus mengalami
peningkatan dari tahun ke tahun. Hal ini harus di barengi dengan ketersediaan
bengkel sebagai sarana untuk merawat kendaraan tersebut. Jenis dari bengkel
otomotif tersebut terdapat berbagai macam, salah satunya adalah bengkel bodi
kendaraan. Dengan melihat kondisi pasar bengkel otomotif khususnya pada jenis
bengkel bodi kendaraan yang belum banyak terdapat di Pekalongan maka kami
berniat memulai bisnis jasa bengkel otomotif khususnya bengkel bodi kendaraan.
Nama dari bengkel tersebut adalah KITA-KITA Auto body and paint. Sehingga
diharapkan kebutuhan akan perawatan kendaraan yang diinginkan pemilik kendaraan
terpenuhi, khususnya pada bengkel bodi.
Ø Visi dan Misi
Visi
Menjadikan bengkel
bodi kendaraan yang terpercaya, berkualitas dan bermanfaat bagi orang lain
dengan mengedepankan kepuasan para pelanggan
Misi
1.
Memberikan pelayanan yang terbaik
dan standar mutu kepada pelanggan dengan menjalankan proses kerja yang terbaik,
terpercaya dan berkualitas sehingga tercapai kepuasan pelanggan.
2.
Memaksimalkan potensi sumber daya
manusia
3.
Membuka lapangan pekerjaan bagi orang
lain.
4.
Menjadi bengkel bodi terbesar,
terpercaya dan handal di bidangnya.
Ø Lokasi
Lokasi yang dipilih merupakan
tempat yang strategis di jalan raya. Yang merupakan jalan lalu lalang
masyarakat sekitar sehingga dapat dengan mudah dicari dan di datangi. Lokasi
nya juga tidak jauh dengan jalan utama.
Ø Ruangan / Tempat yang Dibutuhkan
Ruangan / Tempat yang
dibutuhkan pada awal membuka bengkel bodi ini tidak terlalu luas dan juga tidak
terlalu sempit, yakni 30 m x 40 m.
Ø Waktu Operasional
Waktu untuk melakukan
pelayanan bengkel bodi ini di buka dari pukul 08.30 pagi sampai dengan pukul
16.30 sore.
Ø Kesan / Counter Style
Kesan yang akan kami bangun
dalam melayani pelanggan adalah ‘’ Comfortableand High Quality Service ‘’
sehingga pelanggan merasa nyaman berada di tempat pelayanan kami dan membuat
mereka selalu ingin kembali karena pelayanan yang memuaskan.
Ø Konsep Promosi
Membuat sebuah display di
pintu gerbang bengkel bodi dan mengandalkan informasi dari pelanggan ke
pelanggan serta menyediakan brosur promosi. Selain itu, kami juga akan membuat
promosi melalui media sosial secara on-line, membuat surat penawaran kerjasama
dengan beberapa perusahaan asuransi dan tempat penyewaan kendaraan khususnya
kendaraan roda empat. Dengan cara ini kami optimis akan lebih mudah dan cepat
dikenal oleh masyarakat banyak.
Ø Target Pelanggan
1.
Pengguna kendaraan khususnya
kendaraan roda empat.
2.
Perusahaan asuransi.
3.
Penyewaan kendaraan.
4.
Pemerintahan.
5.
Perusahaan swasta.
6.
Anak muda yang ingin selalu update
kondisi fisik kendaraannya.
ANALISIS
USAHA.
Ø Prespektif Masa Depan Usaha
Dengan terciptanya tempat
usaha yang bergerak di bidang otomotif, khususnya dalam hal perawatan bodi
kendaraan dengan lokasi yang strategis, maka kami yakin usaha ini akan maju.
Karena kebutuhan dan permintaan akan bengkel bodi di masyarakat semakin
meningkat.
Ø Analisis Persaingan
Berdasarkan pemantauan dan
hasil survei yang ada bahwa di sekitar lokasi tempat yang kami dirikan usaha
bengkel bodi ini masih belum terdapat banyak bengkel bodi kendaraan sepanjang
jalan ini.
Ø Segmentasi Pasar yang akan dimasuki
KITA-KITA Auto body and paint
membidik segala segmen lapisan masyarakat, dengan pemberian harga yang masih
tergolong terjangkau dan tidak menyulitkan. Pada prinsipnya kami akan membuka
usaha ini dengan suasana kekeluargaan dan pelayanan yang terbaik, sehingga
membuat masyarakat merasa puas dengan layanan kami dan senantiasa kembali ke
tempat kami.
Keterbukaan informasi juga
merupakan kunci sukses dalam mencari pelanggan. Sehingga pelanggan akan merasa nyaman
dan aman dalam bertransaksi di bengkel ini.
DISKRIPSI
USAHA.
Ø Bidang Usaha dan Jenis Usaha
Usaha yang kami lakukan
bergerak di bidang otomotif khususnya bengkel bodi kendaraan. Jenis usaha
KITA-KITA Auto body and paint ini adalah perawatan bodi kendaraan, yang
meliputi :
1.
Cat bodi kendaraan.
2.
Perbaikan bodi kendaraan.
Ø Keunggulan produk
Dalam setiap usaha pasti
mempunyai suatu yang dapat diunggulkan dari kompetitor lain, sehingga dapat
menjadi nilai lebih dalam aspek pemasaran. Adapun keunggulan produk kami adalah
:
1.
Mutu KITA-KITA Auto body and paint standart dealer
resmi.
2.
Mekanik yang sudah terlatih dan
profesional di bidangnya masing-masing.
3.
Melayani segala macam pabrikan
kendaraaan.
4.
Tempat yang bersih dan
perlengkapan tool yang komplit.
5.
Mempunyai strategi pasar untuk
menjaga pelanggan agar tidak pindah ke tempat lain.
6.
Biaya yang terjangkau.
7.
Memiliki tempat kursus education
bagi siswa magang.
RENCANA
USAHA.
Ø Sumber-sumber Produk / Bahan
Untuk sumber bahan baku atau
supplier, kami mengambil dari supplier atau perusahaan yang sudah terjamin dan
terbukti kualitasnya. Sehingga dengan begitu tidak merugikan berbagai pihak,
baik dari pihak perusahaan maupun konsumen yang menggunakan jasa bengkel bodi
kami. Sparepart yang kami pilih dengan jenis kendaraan dan kualitasnya terjamin
karena asli keluaran APM (Agen Pemegang Merek) kendaraan.
Ø Standarisasi bengkel
Kami mempunyai rencana
standar pelayanan demi menjaga kepuasan kepada pelanggan, bukan hanya kepada
customer asuransi saja, tetapi kepada siapapun pelanggan kami.
Standarisasi pelayanan :
1.
Selalu tepat waktu dalam perbaikan
kendaraan.
2.
Hasil kerja sesuai dengan aslinya.
3.
Pelayanan antar jemput kendaraan.
4.
Ramah dalam melayani.
5.
Bergaransi 180 hari.
RENCANA
PEMASARAN.
Ø Penetapan Harga
Harga yang akan dikenakan
adalah harga yang diperkirakan akan terjangkau oleh masyarakat sekitar. Setelah
memperhitungkan dengan cukup matang, akhirnya kami tetapkan sebagai harga awal,
berikut adalah tabel harga jasa produk yang ditawarkan. Adapun untuk
selanjutnya harga akan disesuaikan dengan perkembangan selanjutnya.
Di bawah ini saya lampirkan daftar harga
perbaikan :
rincian harga perbaikan+pengecatan body
mobil
|
|||
no
|
panel/bagian
|
harga
di mulai
|
harga
sampai
|
1
|
cat all body ringan
|
Rp4.500.000
|
Rp6.000.000
|
2
|
cat all body sedang
|
Rp6.200.000
|
Rp8.000.000
|
3
|
cat all body berat + las ketok
|
Rp7.500.000
|
Rp15.000.000
|
4
|
bumper depan
|
Rp450.000
|
Rp700.000
|
5
|
bumper belakang
|
Rp450.000
|
Rp700.000
|
6
|
kap mesin
|
Rp500.000
|
Rp800.000
|
7
|
fender depan kanan
|
Rp400.000
|
Rp800.000
|
8
|
fender depan kiri
|
Rp400.000
|
Rp800.000
|
9
|
pintu depan kanan
|
Rp450.000
|
Rp800.000
|
10
|
pintu depan kiri
|
Rp450.000
|
Rp800.000
|
11
|
pintu tengah kanan
|
Rp450.000
|
Rp800.000
|
12
|
pintu tengah kiri
|
Rp450.000
|
Rp800.000
|
13
|
qwarter panel/spakbor kanan
|
Rp400.000
|
Rp800.000
|
14
|
qwarter panel/spakbor kiri
|
Rp400.000
|
Rp800.000
|
15
|
atap/panel roof
|
Rp450.000
|
Rp800.000
|
16
|
triplang atas
|
Rp300.000
|
Rp650.000
|
17
|
triplang bawah
|
Rp300.000
|
Rp650.000
|
Daftar harga di atas dapat berubah dengan
kondisi kerusakan dan pemilihan bahan. Dan untuk pengerjaan sampai tiga panel
harga bisa di sesuaikan.
Ø Strategi Promosi yang Akan Dilakukan
Kami akan membuat strategi
promosi untuk memajukan usaha kami ini, antara lain :
1.
Membuat brosur berisi nama
bengkel, promo dan jenis pelayanan kami.
2.
Membuat surat penawaran kerja sama
kepada perusahaan asuransi.
3.
Pemasangan papan nama di pinggir
jalan raya dengan desain yang menarik.
4.
Melakukan iklan-iklan di dunia
internet baik melalui situs jejaring sosial maupun forum.
5.
Membuat cutting sticker logo
bengkel dan di tempelkan pada setiap unit kendaraan yang selesai kami perbaiki.
PERENCANAAN
ORGANISASI.
Ø Struktur Organisasi
Struktur organisasinya yaitu
:
1.
Pemilik usaha :
2.
Marketing :
3.
Administrasi :
4.
Kepala bengkel :
5.
Mekanik :
:
Ø Job Description
1.
Pemilik usaha bertugas untuk
memantau jalannya usaha dan menerima laporan sebulan sekali dari hasil usaha.
2.
Marketing bertugas untuk mencari
customer sebanyak-banyaknya dan berusaha tetap menjalin hubungan baik dengan
para customer.
3.
Administrasi bertugas membuat
surat-surat yang dibutuhkan oleh perusahaan, mencatat data dan membuat laporan
keuangan setiap bulannya.
4.
Kepala bengkel bertugas memberi
perintah atau mengarahkan mekanik melaksanakan SPK (Surat Perintah Kerja).
5.
Mekanik bertugas melaksanakan
perintah kerja sesuai SPK (Surat Perintah Kerja) dari arahan Kepala Bengkel.
RISIKO.
Ø Evaluasi tentang kelemahan Usaha (Analisis SWOT)
1.
Strength (Kekuatan)
a.
Bertanggung jawab, disiplin kerja,
kreatif dan inovatif.
b.
Dapat memenuhi kebutuhan
pelanggan.
c.
Memberikan pelayanan terbaik
terhadap pelanggan.
d.
Mekanik yang berpengalaman dalam
otomotif kendaraan dan dapat management Bengkel.
e.
Dapat mengajarkan atau training
tentang education otomotif.
f.
Memperhatikan layanan service
konsumen baik itu saat service atau setelah service.
g.
Mempunyai teknik promosi yang
menarik.
2.
Weaknes (Kelemahan)
a.
Berubahnya kondisi perekonomian.
b.
Bengkel masih dalam skala kecil.
c.
Jarak pembelian alat dan bahan
baku jauh.
3.
Oportunity (Peluang)
a.
Dengan tetap menjaga mutu dan
kualitas usaha, kami yakin dapat bersaing dengan bengkel pemain lama.
b.
Saat ini dengan belum banyaknya
bengkel dengan bidang usaha sejenis di daerah pekalongan , membuat kami yakin bahwa kedepannya
perusahaan kami akan maju.
c.
Mampu melakukan training education
otomotif.
4.
Threaty (Ancaman)
a.
Munculnya usaha bengkel baru yang
sejenis yang berusaha menyaingi bengkel kami, dengan style-style terbaru.
b.
Banyaknya produk kompetitor yang
menawarkan manfaat sejenis bahkan lebih.
Ø Gambaran tentang Masa kini
Resiko yang dihadapi adalah
berupa ancaman terhadap kelangsungan jumlah kunjungan pelanggan. Dengan ini
maka lambat laun akan semakin banyak orang yang mengunjungi bengkel lain.
Sebagai upaya untuk
mangantisipasi hal ini, maka kami selalu memberikan dan menyediakan pelayanan
yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat terutama harga terjangkau dan
kenyamanan yang memiliki nilai lebih. Dengan begitu pelanggan akan memiliki
keterkaitan dan terus merasa perlu untuk datang ke tempat kami.
PERENCANAAN
PERMODALAN.
Ø Sumber-sumber Permodalan
Sebagai sumber awal mula pendirian
KITA-KITA Auto body
and paint yaitu dari
pemilik sendiri dan dari investor-investor yang mau menanam saham nya di
perusahaan yang saya dirikan ini. Sebagai investasinya untuk itu didirikanlah
perusahaan dalam bidang bengkel bodi.
Ø Neraca Permulaan Perusahaan
No
|
Keperluan
|
Harga
|
1
|
Pembelanjaan
Alat
|
Rp
17.000.000
|
2
|
Pembayaran
Sewa Tempat
|
Rp
10.000.000/tahun
|
3
|
Pembangunan
Ruang cat Mobil
|
Rp
5.000.000
|
4
|
Persiapan
Gaji 1 Bulan Kedepan
|
Rp
7.280.000
|
5
|
Modal
Bahan dan Sparepart untuk awal
|
Rp
10.000.000
|
6
|
Pembenahan
Kantor
|
Rp
2.500.000
|
7
|
DLL
|
Rp
5.000.000
|
TOTAL
|
Rp
56.780.000
|
Data
di atas masih perhitungan kotor dari modal yang di perlukan untuk tahap awal
berjalannya usaha ini.
Ø Proyeksi Aliran Kas
untuk bengkel kami proyeksi
keuntungan kotor adalah 50% /tahun dari penghasilan. Sehingga, pada tahun
kedua, kami segera sudah bisa balik modal. Dan di tahun ke 3, 4 dan seterusnya,
kami tinggal mengumpulkan untung dan kemungkinan besar kami gunakan untuk
pembelian alat baru dan yang belum terpenuhi sehingga kuantitas usaha akan
bertambah, serta ekspansi ke luar daerah.
Ø Perencanaan Laba Rugi
INVESTASI
|
JUMLAH
(RP)
|
||
No
|
Biaya tetap
|
||
1
|
Penyusutan gedung dan peralatan
|
Rp2.000.000
|
|
2
|
Gaji pegawai
|
Rp7.280.000
|
|
Jumlah
|
Rp9.280.000
|
||
Biaya variable/ produksi
|
|||
Pembelian bahan dan sparepart (mean)
/ bulan
|
Rp10.000.000
|
||
Jumlah
|
Rp10.000.000
|
||
Biaya-biaya lain
|
|||
1
|
Listrik
|
Rp500.000
|
|
2
|
Transportasi
|
Rp1.000.000
|
|
3
|
Pajak
|
Rp1.000.000
|
|
4
|
Administrasi
|
Rp5.000.000
|
|
5
|
Air
|
Rp500.000
|
|
Total modal produksi
|
Rp8.000.000
|
||
TOTAL MODAL (PENGELUARAN) / bulan
|
Rp27.280.000
|
||
Pendapatan
|
|||
1
|
Perbaikan bodi dan cat / bulan
|
Rp50.000.000
|
|
2
|
Keuntungan penjualan sparepart
|
Rp5.000.000
|
|
TOTAL PENDAPATAN
|
Rp55.000.000
|
||
PROYEKSI
|
|||
LABA/RUGI(KEUNTUNGAN)
|
|||
Total pendapatan
|
Rp55.000.000
|
||
Total modal / Pengeluaran
|
Rp27.280.000
|
||
TOTAL KEUNTUNGAN BERSIH
|
Rp27.720.000
|
LAMPIRAN-LAMPIRAN.
Ø Biodata Pemilik
1. Nama lengkap :
Nurianda putra perdana
2. Tempat, tanggal lahir :
Lhokseumawe, 01 februari 1995
3. Riwayat pendidikan
No
|
Jenjang
|
Nama
Sekolah
|
Tempat
(Kabupaten / Kota)
|
Jurusan
|
1
|
SD
|
SDN
12 Lhokseumawe
|
Lhokseumawe
|
-
|
2
|
SMP
|
SMPS
Iskandar Muda
|
Krueng
Geukueh
|
-
|
3
|
SMK
|
SMKN
1 Percut Sei Tuan
|
Deli
Serdang
|
Otomotif
|
4. Prestasi yang pernah di
raih
a. Peringkat terbaik 1
Technical Training Level 1 di Indako Technical training Center Sumatra Utara.
b. Peringkat terbaik 3
Technical Training Level 2 di Indako Technical training Center Sumatra Utara.
5. Pengalaman kerja
a. Mekanik AHASS di Medan.
b. Mekanik body repair Teja
Berlian.
c. Part runner body repair
Teja Berlian.
d. Administrasi body repair
Teja Berlian.
e. Marketing GSO Esa Sagara
Autotara.
sekian dari saya semoga bermanfaat
BalasHapusjika ada masukan silahkan komen blog ini
Bermanfaat sekali om. Makasih banyak.
BalasHapus